Langsung ke konten utama

Plan and Grow for The Future


Assalamualaikum Wr.wb
Salam Lestari..!!!

Pendidikan Dasar Kepencintaalaman dan Lingkungan Hidup XXXII SINTALARAS UNM  YANG BERTEMAKAN “PLAN AND GROW FOR THE FUTURE”
BEBERAPA  MANFAAT YANG ADA  DALAM  DIKSAR  PENCINTA  ALAM 
1.Pembentukan  mental  dan  karakter  yang kokoh
2.Pembentukan  sikap   yang  rendah  diri  dan  peduli  lingkungan
3.Pembentukan  kapasitas ilmu  dalam  berkegiatan  di  alam
4.Pembentukan  kesadarran  akan  rasa  kesamaan, kebersamaan, dan  kekeluargaan
5.Membentuk  pribadi  yang  bijak  dan  beradab
   ADAPUN  PROSESI  DIKSAR  YANG  KITA  LALUI  YAITU
 PENDAFTARAN
        Peserta wajib mengambil, mengisi, dan mengembalikkan formulir pendaftaran ke Satgas Pelaksana dengan tetap mengikuti ketentuan yang berlaku.
·      TES  KESEGARAN  JASMANI
Peserta mengikuti Tes Kesegaran Jasmani (TKJ) dengan tujuan menilai keadaan peserta yang mempunyai kesanggupan dan kemampuan dalam melakukan pekerjaan dengan efisien tanpa menimbulkan kelelahan. 
·      TES  WAWANCARA
Tes yang digunakan kepada peserta untuk menggali potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh calon peserta.
·       PENGUMUMAN
Tahapan pengumuman berupa hasil keputusan yang bersifat obyektif dan subyektif dari penilaian tes kebugaran jasmani dan wawancara
·      TECHNICAL  MEETING
Tahapan yang membahas hal-hal yang bersifat teknis dalam pelaksanaan Pendidikan Dasar khususnya indoor.
·      INDOOR
Pengenalan  materi-materi  kepencintaalaman  dan  lingkungan  hidup.
·      FIELD TRIP
Perjalanan di medan terbuka, tanah lapang, atau alun-alun untuk tujuan melakukan simulasi outdoor serta melakukan pengamatan lingkungan dan pengaplikasian materi kepencintaalaman
·      OUTDOOR
Pengaplikasian materi kelas di medan sebenarnya (alam bebas/terbuka) sebagai media pembentukan karakter peserta.
·      PENGUKUHAN  ANGGOTA  MUDA

Ujian yang diberikan kepada peserta untuk mengukur tingkat penyerapan materi Diksar peserta sekaligus penilaian persentase laporan Diksar peserta yang diakhiri dengan prosesi pengukuhan sesuai adat Sintalaras UNM untuk dinaikkan statusnya dari peserta Diksar menjadi Anggota Muda Sintalaras UNM, adapun peserta yang berhasil melewati tahap – tahap diatas berjumlah 27 orang dari berbagai fakultas di UNM.
    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ekologi : Membaca Kapitalisme di Raja Ampat dalam Cengkeraman Oligarki

             Kerusakan lingkungan yang ditimbulkan oleh industri ekstraktif di Raja Ampat bukanlah sekadar tragedi ekologis, melainkan gejala dari sistem kekuasaan yang mengakar. Isu ini tidak dapat dipahami hanya sebagai konflik antara pembangunan dan konservasi, melainkan sebagai bentuk aktual dari kapitalisme global yang beroperasi melalui persekutuan antara negara dan oligarki domestik. Dalam konteks ini, ekologi menjadi medan kuasa tempat eksploitasi sumber daya dan penindasan sosial berjalan beriringan. Tulisan ini bertujuan membongkar struktur kapitalisme di balik proyek tambang nikel di Raja Ampat, serta menunjukkan bagaimana praktik tersebut merepresentasikan bentuk baru kolonialisme yang berkelindan dengan politik oligarki. Lebih jauh, tulisan ini menawarkan pembacaan alternatif melalui lensa deep ecology dan anarkisme ekologi , yang menantang paradigma dominasi terhadap alam dan masyarakat. Kapitalisme tidak hanya mengeksploitasi ten...

DIKSAR 37 : AMOR FATI DALAM SEBUAH REFLEKSI

"Amor fati: Biarlah itu menjadi cintaku mulai sekarang! Aku tidak ingin berperang melawan apa yang buruk. Aku tidak ingin menuduh; bahkan mereka yang suka menuduh pun tidak akan kutuduh. Menutup mata akan menjadi satu-satunya penolakanku. Dan secara keseluruhan: suatu hari nanti aku ingin menjadi seseorang yang hanya berkata 'ya' terhadap hidup." — Friedrich Nietzsche, The Gay Science      Di tengah pemuda lainnya yang lebih memilih menghabiskan waktu untuk kuliah atau mencari hiburan di mal, warung-warung kopi, dan tempat semacamnya, mereka justru lebih memilih pergi ke alam terbuka yang jauh dari kata nyaman dan mapan. Tak heran jika kemudian ada sebagian orang yang mengidentikkan anak Mapala dengan individu-individu anti kemapanan atau mahasiswa yang dikenal “paling lama” lulus.      Pada awal mula perkembangan kegiatan kepencintaalaman, fokusnya lebih pada kegiatan konservasi, advokasi, dan pendidikan melalui penjelajahan hutan dan gunung. Kegiatan sepe...

Surat Kepada Gie

SURAT KEPADA GIE Apa kabarmu, Gie ? Lama sudah tak ku dengar tentangmu. Tentang cerita-cerita gerakan revolusioner mu yang militan atau sabda sabdamu yang agungkan oleh mahasiswa. Kau sekarang menjadi legenda, Gie. Kisah hidupmu semasa mahasiswa di filmkan. Wajahmu di cetak menjadi ikon gerakan mahasiswa, nama mu menjadi narasi eksistensi kaum akademisi sayap kiri. Dan karya-karya puisimu di sukai banyak mahasiswi. Kau hebat, Gie. Apakah kau mengenal saya ? Pertama kali kau menyapaku dalam bukumu, yang mereka beri judul catatan seorang demonstran. Awalnya, ku kira kau sebagai pedagang Cina yang masuk kuliah di UI, namun mengapa kau tertarik belajar sejarah & sastra. Gie ? Ada banyak hal yang ingin aku ceritakan Gie, mulai dari alasan kematianmu juga rahasia besar tentang kudeta yang belum sempat kau kabarkan kepada kami, sebelum cinta mengambil nyawa dari jasadmu Gie. Katanya, kau tidak suka Sukarno yang glamor dengan mengawini banyak istri dalam proyeksi Nasakomn...